Rabu, 13 April 2016

RAHASIA KECIL DALAM MEMBUAT SEBUAH PERENCANAAN


Halo Sahabat Forum Nigrum,
Menemani istirahat siang Anda, Saya ingin membagikan sedikit tips sederhana untuk membuat sebuah perencanaan.
Mari kita pelajari,
Baik...
Akan sia-sia, jika Anda mempunyai mimpi yang besar, jika Anda punya impian yang luar biasa tetapi Anda tidak punya perencanaan yang baik.
Kenapa? Karena impian Anda sampai kapanpun tidak akan pernah bisa menjadi kenyataan.
Buatlah impian Anda semustahil mungkin...
Tetapi cara untuk memujudkan impian Anda haruslah masuk akal...
Minimal ada 3 hal, atau 3 poin dalam membuat perencanaan...
Yang pertama adalah tertulis...
Yang kedua adalah dalam kalimat yang positif...
Yang ketiga, haruslah spesifik atau jelas.
Survei membuktikan bahwa orang yang menuliskan impian atau dream mereka jauh lebih besar kemungkinannya untuk sukses, untuk kaya, untuk bahagia, ataupun mendapatkan apapun yang mereka tuliskan dibandingkan dengan yang tidak menuliskan impian atau tidak menuliskan dream mereka.
Kenapa?
Karena setiap harinya Anda dan Saya diberikan jutaan informasi yang berbeda yang kita dapatkan melalui seluruh panca indra kita...
Dan jutaan informasi ini, tidak semuanya berguna dan bermanfaat bagi Anda dan Saya, yang membantu kita untuk mewujudkan dream kita.
Jadi ketika Anda tidak menuliskan tujuan hidup Anda, Anda tidak akan bisa bertahan, atau Anda tidak akan bisa menyaring informasi-informasi yang sedemikian banyaknya, dan bisa Anda gunakan untuk mewujudkan impian atau dream Anda.
Yang selanjutnya, mengapa harus dengan kalimat yang positif?
Karena kalau Anda gunakan kalimat yang negatif, sangat bertele-tele.
Saya berikan contoh...
"Saya tidak ingin gagal."
Lalu apa yang Anda inginkan?
Ya, Saya ingin berhasil.
Kenapa tidak tulis saja "Saya ingin berhasil."
Lebih simpel dan dalam kalimat yang positif.
Yang ketiga adalah harus jelas atau harus spesifik.
Anda bayangkan kalau Anda menuliskan tujuan hidupnya adalah:
"Saya ingin Kaya".
Dan tiba-tiba Anda jalan-jalan ke mall, Anda misalkan dapat uang 100rb yang tergeletak di pinggir jalan... Anda ambil uangnya.
Apakah Anda tambah kaya?
Ya, tambah kaya.
Tetapi apakah itu yang Anda inginkan?
Tentu tidak.
Jadi tujuan hidup Anda haruslah jelas...
Cara membuat tujuan hidup yang baik dan benar selain tiga poin tadi Saya singkat dengan "SMART".
Yang pertama adalah S, "Spesific" seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya.
Yang berikutnya adalah M, "Measureable".
Measureable artinya apa?
Impian kita atau perencanaan kita haruslah bisa kita ukur.
Kenapa?
Ketika kita bisa mengukurnya, kita tahu tingkat keberhasilannya.
Jika Anda belum berhasil?
Ubah lagi tindakan Anda.
Kalau Anda belum berhasil, ubah lagi impian Anda.
Yang berikutnya adalah A, "Achieveable".
Artinya impian atau dream kita benar-benar hal yang bisa kita capai, atau minimal ada orang yang telah mencapainya...
Kita masuk ke R, yaitu "Realistic".
Anda tidak bisa membuat dream atau goal Anda yang menyangkut diri orang lain.
Anda tidak bisa mempunyai impian:
"Saya ingin anak Saya sukses dalam hidupnya."
Anda tidak bisa mengatakan seperti itu, kenapa?
Karena anak Anda mempunyai kehendak bebas sendiri.
Anda tidak bisa membuat impian untuk orang lain...
Anda hanya bisa menyediakan sesuatu yang membuat dia sukses.
Misalnya Anda ingin anak Anda kuliah di fakultas kedokteran.
Anda tidak bisa katakan bahwa dream Saya adalah menyekolahkan di Fakultas Kedokteran.
Yang Anda bisa lakukan adalah menyediakan modal untuk kelangsungan atau biaya dia bersekolah.
Perkara atau hal bagaimana dia memilih sekolah itu adalah kehendak bebas anak tersebut.
Yang berikutnya kita berbicara tentang T, yaitu "Timebound".
Timebound artinya Anda harus mempunyai batasan waktu jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.
Buatlah dream Anda, dan tentukan batas waktu kapan Anda mencapainya dengan step-step jangka panjang, menengah, dan jangka pendek untuk memperolehnya.
Akhir kata, tulisan pada "Caption Gambar" Saya berikut ini sangat penting untuk Anda terapkan.
Dan Saya percaya,
Dengan begitu Anda bisa dengan mudah membuat sebuah percepatan.
Semoga bermanfaat ya Sahabat Forum Nigrum,
Sukses untuk Anda!
jangan lupa gabung di fanspage kita ya
cukup buka https://www.facebook.com/Forum-Nigrum-490478077811371/ klik suka dan dapatkan postingan menarik dari kami
jangan lupa ya

0 komentar:

Posting Komentar